Inilah 11 Ciri Perempuan Yang Pantas Dinikahi Versi Jawa

BagikanDakwah – Sahabat dakwah, dalam bahasa jawa istilah istri disebut garwa, singkatan dari sigaraning nyawa, yang berarti belahan jiwa. Namun menurut ajaran Islam, seorang wanita itu dinikahi karena empat perkara, yakni kecantikan, keturunan, kekayaan, dan agama.



Berbeda dengan ajaran Islam, berdasarkan konsep Kama-sutra Jawa, ada sebelas karakteristik wanita yang layak untuk dinikahi. Berikut ini penjelasannya.

1] Baksana
Baksana bermakna pangan. Maksudnya, wanita itu pandai mengelola keuangan rumah tangga, aset dan properti suami, serta manajemen pangan di dalam rumah tangga, sehingga keluarganya tidak kelaparan.

2] Busana
Busana itu Berarti pakaian. Maksudnya, wanita itu dapat mengetahui dan menerapkan semua ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya demi keutuhan rumah tangga dan membahagiakan suami dan anak-anaknya.

3] Beda
Beda maksudnya seorang wanita itu hendaklah mampu dan sanggup memilah dan memilih dengan baik dan bijaksana apa yang hendak dilakukan, dibeli, dan direncanakan.

4] Dana
Dana maknanya seorang wanita itu hendaklah mampu memberikan kebahagiaan dan pencerahan kepada sesama. Tentunya dimulai dari membahagiakan suami dan keluarganya terlebih dahulu.

5] Dhendha
Dhendha maksudnya dapat menggunakan dan menerapkan etika, norma, adat budaya, menjunjung tinggi supremasi hukum, rasa keadilan, dan menggunakan rasa serta nurani untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

6] Guna
Guna maknanya seorang wanita hendaklah memahami serta menerapkan semua peran dan tanggung jawab yang diketahuinya terkait hak dan kewajibannya di dalam rumah tangga.

7] Sajiwa
Sajiwa yang maksudnya senyawa, satu jiwa. Seorang wanita hendaklah setia kepada suaminya seolah setia kepada nyawanya sendiri. Selain itu, sebaiknya seorang istri juga menjadi satu jiwa tidak hanya saat bersenggama, tetapi juga di saat menjalani kehidupan berumah tangga.

8] Sama
Sama yang maknanya seorang wanita diharapkan mempunyai watak welas asih kepada sesama, tidak membeda-bedakan sesama, serta memiliki kepedulian yang tinggi kepada sesama.
Baca Juga : Lebih Baik Terlambat Menikah, Dari pada Salah Pilih Pasangan
9] Sasana
Sasana yang dimaksud adalah tempat. Seorang wanita haruslah ahli dan terampil di dalam menata dan mengharmoniskan rumah tangga, dekorasi, sehingga suasana rumah menjadi seolah surga bagi keluarga. Makna lain yang lebih luas adalah seorang wanita mampu menjaga lidah dan perkataan sesuai tempatnya.

10] Sawanda
Sawanda yang maknanya serupa atau sewarna. Seorang wanita hendaklah dapat menyeimbangkan semua asa, rahsa, rasa, cipta, karsa, sehingga dapat serupa bahkan menyatu bersama suaminya. Lama kelamaan, suami istri pastilah memiliki frekuensi perasaan atau rasa yang serupa.

11] Sukapraya

Dan yang terakhir adalah Sukapraya yang maksudnya kehendak serta keinginan wanita mampu melebur dan akhirnya menyatu ke dalam keinginan dan kehendak suami. Dalam makna luas, apa yang diinginkan suami, seolah juga diinginkan istri. Karena hati, jiwa, pikiran, rasa mereka berdua telah diikat dengan kasih sayang dan disatukan dalam Cintakasih.

Demikianlah sebelas karakteristik wanita yang layak untuk dinikahi versi jawa.
Semoga bisa menambah pengetahuan anda dan bermanfaat.


Sumber : ummi-online.com
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 11 Ciri Perempuan Yang Pantas Dinikahi Versi Jawa